Serunya Bermain, Bernyanyi dan Mewarnai bersama di Acara PGTC di Desa Bilok Pitung Sembalun

SEMBALUN, (31 Juli 2022) – Tawa dan Keceriaan masih terus terukir di wajah anak-anak di Desa Bilok Petung yang menjadi lokasi terakhir kegiatan Peksos Goes To Community (PGTC) yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional tahun 2022.

Kegiatan Peksos Goes to Community (PGTC) yang dilaksanakan di tiga desa (Sembalun, Sajang dan Bilok Petung) sejak Jum’at (29/07/2022) selalu diikuti dengan antusias bukan hanya anak-anak tetapi juga orang tua yang turut mendampingi.

Mereka bernyanyi, bermain permainan tradisonal seperti bakiak dan gasing. Bersama-sama mereka juga mewarnai di dampingi “miss cowi” si sapi dan mendengarkan dongeng dengan penuh antusias di temani “miss sing-sing” si singa.

“Saya senang sekali bisa bernyanyi, bermain dan mewarnai bersama teman-teman. Saya juga banyak dapat hadiah, dapat susu, madu, seragam, alat tulis dan lain-lain. Terima kasih Ibu Menteri dan Bapak-Ibu semua, ” kata Zaskia.

Sementara itu para orang tua turut ikut dalam kegiatan parenting skill yang memberikan pengetahuan baru bagi mereka tentang bagaimana anak-anak dapat memperoleh haknya (hak hidup, memperoleh tumbuh kembang, perlindungan dan berpartisipasi). Selain itu orang tua diminta untuk menuliskan apa yang menjadi kesulitan dan kemudahan dalam mendidik anak-anak. Selain itu orang tua juga diminta untuk menyatakan tiga kata ajaib, kata “maaf”, “tolong” dan “terima kasih”.

Dalam sesi parenting skill ini juga diadakan role play orang tua menyuapi anak dan anak menyuapi orang tua serta praktek menyebutkan tiga kata ajaib. Anak dan orang tua berpasang-pasangan untuk menyatakan tiga kata ajaib tersebut.

“Terima kasih Kementerian Sosial kami bisa mendapatkan ilmu baru untuk mengasuh anak-anak kami. Meskipun kami jauh dari kota tapi kami tetap diperhatikan. Semoga kami dan anak-anak kami bisa terus mendapatkan perhatian dari pemerintah” ujar Nani salah seorang ibu peserta.

Liwasdim selalu Sekretaris Desa (Sekdes) Bilok Petung juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas kehadiran tim dari Sentra Handayani Jakarta. “Kami sangat senang dengan diadakannya kegiatan perayaan Hari Anak Nasional di desa ini. Anak-anak bisa bermain dengan senang. Kami berharap semoga bisa diadakan lagi disini, dan bu Menteri bisa datang kesini” harapnya.

Penulis: Dwi Astuti Oktavia

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *