Respon Banjir di Kampung Melayu, Balai Anak Handayani Kemensos Berikan Dukungan Psikososial kepada Anak Terdampak

JAKARTA, (11 FEBRUARI 2021) – Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) “Handayani” di Jakarta yang merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Sosial menurunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial untuk merespon bencana banjir di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

“Kami sudah mengirimkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) sejak hari senin (8/2) lalu,” ujar Plt Kepala Balai, Sulistya Ariadhi.

Menurutnya, sejak hari pertama di lapangan,tim telah melakukan asesmen dan juga memberikan penguatan kepada anak terdampak banjir yang mengungsi di 2 titik pengungsian di Kampung Melayu.

“Total ada 5 titik, dan kami fokus di dua lokasi pengungsian. Itu di Posko Kelurahan Kampung Melayudan di Posko SDN 18. Di dua lokasi ini, tim sudah melakukan asesmen kepada 202 anak yang terdampak,” sambung nya.

Dari proses asesmen, diketahui saat ini anak tidak memiliki trauma psikologis namun anak merasa tidak nyaman karena berada di situasi yang tidak kondusif. Sedangkan untuk kebutuhan, anak memerlukan pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi, serta hygiene kits.

Hasil asesmen ini, kata Sulistya, menjadi dasarBalai dalam menyalurkan bantuan pemenuhan kebutuhan anak.

“Dalam menyalurkan bantuan, kami menggunakan hasil asesmen kebutuhan agar apa yang kami salurkan benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh anak,” ungkap nya.

Sementara itu, penyaluran pemenuhan kebutuhan anak yang terdampak banjir di Kampung Melayu sudah disalurkan kepada 202 anak yang disalurkan secara bertahap sejak rabu (10/2) hingga kamis (11/2).

Penulis : Rizka Surya Ananda

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat
Hubungi Kami
Hallo!
Ada yang bisa kami bantu?