Rayakan HAN, Sentra “Handayani” Lakukan Kegiatan PGTS di SD, SMP, dan SMA di Sembalun, Lombok Timur

SEMBALUN, (29 Juli 2022) – Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli masih menyimpan banyak cerita. Rangkaian kegiatan HAN yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial di Lombok Timur masih terus berlangsung. Euforia anak-anak dalam merayakan hari anak ini, sangat terasa.

Sentra “Handayani” di Jakarta menyelenggarakan kegiatan Peksos Goes to School (PGTS) secara serempak yang dilaksanakan sejak pagi tadi pada tiga sekolah, diantaranya SDN 01 Sembalun, SMPN 01 Sembalun, dan SMAN 01 Sembalun.

Kepala Sekolah SDN 01, Saprudin menyambut kegiatan ini dengan terbuka. “Saya senang sekali, anak-anak kami bisa menunjukkan potensinya, menari dan bermain bersama. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini, akan ada lagi mengingat letak sekolah kami seringkali terlupakan, karena jauh dari kota. Terima kasih Kementerian Sosial,” pesan Saprudin.

Rangkaian kegiatan PGTS di SDN 01 Sembalun, dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok kelas 1, 2, dan 3, sementara kelompok lainnya yakni kelas 4, 5, dan 6. Kelompok kelas 1, 2, dan 3 diberikan materi edukasi mengenai makanan dan minuman bergizi, serta kebersihan diri melalui “story telling” dan “role play”. Pekerja Sosial menggunakan kostum sapi agar lebih menarik dan mudah memberikan pemahaman materi edukasi kepada anak-anak di kelas 1, 2, dan 3. Sementara anak-anak kelas 4, 5, dan 6 mengikuti permainan dan dinamika kelompok. Kegiatan PGTS di SDN 01 Sembalun ini, disambut meriah oleh seluruh anak-anak. Mereka tak malu berbagi cerita, menjawab pertanyaan, berdiskusi, mengungkapkan pendapat, bahkan menunjukkan potensi menari Nusantara.

Selanjutnya, di SMAN 01 Sembalun, PGTS dimulai dengan pengenalan diri, materi seks edukasi sejak dini, kesehatan remaja, dan Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ini, menyambut dengan antusias. Kolaborasi antara Pekerja Sosial, Penyuluh Sosial, Perawat, Konselor Adiksi, dan lainnya menambah luas wawasan yang diberikan dalam kegiatan ini.

Siangnya, kegiatan PGTS dilaksanakan di SMPN 1 Sembalun. Disambut meriah oleh anak-anak, kegiatan dimulai dengan permainan tebak angka. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan materi anti bullying, reaching out, dan kesehatan remaja. Anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan ini, ditandai dengan ramainya pertanyaan dan diskusi yang berlangsung.

“Terima kasih Kementerian Sosial dan Sentra “Handayani” sudah membagikan materi-materi yang bermanfaat untuk saya, terutama mengenai permasalahan remaja, terima kasih juga untuk door prize, alat tulis, dan makanan yang telah diberikan kepada kami,” sahut Lidya, salah satu peserta PGTS di SMPN 01 Sembalun

Seluruh peserta kegiatan PGTS ini diberikan bantuan Atensi berupa bingkisan makanan, nutrisi, door prize, transportasi, dan bingkisan lainnya. Rangkaian kegiatan di Desa Sembalun oleh Sentra “Handayani” masih akan berlanjut dengan kegiatan Peksos Goes to Community (PGTC) di hari selanjutnya.

Penulis: Tirani Larasati

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *