Penerima Manfaat Balai Anak Handayani Ikuti Penyuluhan Hukum dari Kejaksaan Agung RI

JAKARTA, (2 JUNI 2021)– Penerima manfaat Balai Anak Handayani mengikuti Penyuluhan Hukum dari Kejaksaan Agung dengan tema Merajut Harapan Meraih Masa Depan, yang diselenggarakan pada Rabu (2/6). Kegiatan diawali dengan swab test kepada tim penyuluhan Kejaksaan Agung dan kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Bidang Penerangan dan Penyuluhan Hukum Kejaksaan Agung, Rugun Saragih mengucapkan terima kasih kepada Balai Anak Handayani atas sambutan hangat kepada tim penyuluh Kejaksaan RI.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak balai yang telah menerima kami dengan baik, dan semoga anak-anak bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, ” kata Rugun saat memberikan sambutan.

Senada dengan Rugun, Kepala Balai Anak Handayani Hasrifah Musa juga mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah bersedia memberikan penyuluhan kepada kepada anak-anak. Ia juga berpesan kepada anak-anak agar mengambil manfaat sebanyak-banyak nya dari kegiatan ini.

“Anak-anak agar memperhatikan dan mengikuti kegiatan ini dengan baik, manfaatkan penyuluhan ini dengan sebaik-baiknya dengan mendengarkan informasi dari narasumber,” tutur Hasrifah.

Dalam memberikan penyuluhan, Tim Penyuluhan Kejaksaan Agung bekerja sama dengan pegiat sosial yang juga merupakan advokat Beby Savitri sebagai narasumber. Anak-anak diajak untuk mengenali dirinya sendiri seperti kelebihan, harapan, kemampuan, serta orang-orang yang mereka anggap mampu menginspirasi hidup mereka.

“Penting bagi kita untuk mengenali siapa diri kita sendiri agar kita tau apa yang mampu kita capai untuk masa depan kita,” ujar Beby.

Pada kesempatan ini, anak-anak juga diminta untuk menceritakan keahliannya di hadapan peserta yang hadir. Salah satu peserta, Jeni (bukan nama sebenarnya) mengungkapkan bahwa saat ini ia sedang belajar membuat grafiti pada bahan kaca. Sedangkan peserta lainnya, Lisa (bukan nama sebenarnya) mengaku bahwa ia senang bernyanyi.

Antusiasme anak-anak tidak berhenti sampai di situ. Hal ini dilihat dari banyaknya anak-anak yang bertanya pada sesi tanya jawab.

Pertanyaan anak-anak seputar proses hukum yang memang dekat dengan mereka saat ini. Beberapa pertanyaan yang diajukan di antaranya adalah bagaimana hakim memutuskan suatu perkara, apakah ada pengurangan masa hukuman bagi anak, serta pertanyaan seputar proses hukum lainnya.

Seluruh pertanyaan anak-anak dijawab langsung oleh Jaksa yang hadir sebagai anggota tim. Salah satunya adalah Kepala Sub Bidang Penerangan Hukum, Mumuh Ardiansyah yang merupakan Jaksa Ahli Muda.

“Dasar hakim dalam memutuskan suatu perkara adalah dengan melihat alat bukti yang dapat diuji saat persidangan serta keyakinan hakim,” paparnya saat menjawab pertanyaan anak-anak.

Adapun kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh 30 anak penerima manfaat dan 10 orang pendamping.

Penulis:
Rizka Surya Ananda
Penyuluh Sosial Ahli Pertama

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *