Menteri Sosial Berikan Motivasi ke “RR” Anak Korban Perdagangan Orang dan Anak-anak di Balai “Handayani” Jakarta

JAKARTA, (10 September 2021)— Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini didampingi Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat mengunjungi anak korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) “RR” di Balai “Handayani” Jakarta, pagi tadi. “RR” merupakan seorang perempuan berusia 14 tahun yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.

Sebelumnya, diketahui bahwa “RR” tinggal di Tasikmalaya, namun karena desakan ekonomi keluarga, ia berusaha mencari pekerjaan. Kemudian ia ditawari untuk bekerja oleh seorang pemuda di sebuah Cafe di Bogor, namun sesampainya disana, “RR” dijual oleh seorang laki-laki yang memang merupakan sindikat perdagangan orang. Pekerjaan “RR” adalah melayani laki-laki dengan imbalan sebesar 300 ribu rupiah, namun “RR” hanya menerima seratus ribu rupiah saja karena terdapat potongan dari sindikat tersebut.

“RR” dibantu pihak terkait, kemudian dirujuk ke Balai “Handayani” untuk kemudian memulihkan kondisi piskologisnya serta mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Saat ini, kondisi “RR” sudah lebih tenang dan telah mendapatkan beberapa treatment Kesehatan maupun piskososial.

Selain bertemu dengan “RR”, Tri Rismaharini juga secara langsung bertemu dengan dua anak lainnya yang merupakan anak korban jaringan terorisme. Satu diantaranya merupakan korban sandera kelompok teroris Abu Sayyaf. Sambil berbagi pengalaman hidup, Tri Rismaharini memberikan motivasi kepada ketiganya.

“Manusia itu tempatnya salah, namun Tuhan maha pemaaf. Ibu yakin kalian merupakan calon-calon orang yang sukses di masa depan”, sahut Tri Rismaharini.

Melanjutkan motivasinya, Tri Rismaharini juga menceritakan kisah-kisah inspiratif tentang orang-orang hebat juga pengalaman-pengalamn hidupnya. Tri Rismaharini juga menyampaikan bahwa Kementerian Sosial, siap untuk terus mendukung masa depan mereka. “Kalau kamu mau sekolah, nanti Ibu bantu siapkan untuk Pendidikan kamu, kalau mau buka bengkel atau ternak, nanti bisa juga Ibu bisa siapkan”, pesan Tri Rismaharini.

Tri Rismaharini didampingi Harry Hikmat dan jajarannya juga mendatangi seluruh anak-anak di Balai “Handayani” untuk berbagi cerita dan memberikan motivasi. Seluruh anak-anak di Balai “Handayani” menyambut kehadiran Menteri Sosial dengan antusiasme yang tinggi. Di akhir pemberian motivasinya, Tri Rismaharini menitipkan pesan kepada seluruh anak-anak untuk tetap semangat dan tidak boleh menjadi orang yang malas apabila ingin sukses.

“Tidak ada orang yang bodoh atau pintar, yang ada hanya orang yang malas dan rajin. Kalian merupakan kebanggan Ibu, apabila ada yang tanya kalian anak siapa? Jawab dengan lantang bahwa kalian adalah anak saya, anak Ibu Risma”, pesan Tri Rismaharini

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Tri Rismaharini beserta jajarannya menyambangi Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Bambu Apus dan mencicipi seluruh kuliner yang dijajakan disana. Ia juga berharap bahwa SKA di Bambu Apus ini dapat terus berkembang mengingat tempat yang cukup strategis dengan suasana yang nyaman.

Penulis: Tirani Larasati

Editor: Ditjen Rehsos

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *