Menilik Kepedulian dan Gotong Royong Warga Merespon Anak Dampak Covid-19

JAKARTA (23 April 2020), Beberapa hari yang lalu pekerja sosial BRSAMPK Handayani merespon kasus anak dampak covid-19 di sekitar wilayah Bambu Apus Jakarta Timur. Koordinasi dengan pihak aparat daerah, melalui ketua RT Syamsudin Wirabrata terus terjalin untuk terus mengawasi dan melindungi kedua anak tersebut.

Saat ini, kedua anak dalam kondisi sehat dan tetap menunjukkan semangatnya dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari. Warga di sekitar tempat tinggal kedua anak, secara aktif menunjukkan kepeduliannya dengan bergantian memberikan makanan atau menjadi donatur untuk memenuhi kebutuhan hidup kedua anak tersebut. “Kami sadar betul, bahwa penyakit covid-19 yang dialami oleh orang tua anak bukanlah sebuah aib. Kami tidak mengintimidasi anak dan terus berupaya memperhatikan dan membantu memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya” kata Syamsudin.

Menjelang bulan Ramadhan ini Syamsudin beserta seluruh warga tetap akan membantu memenuhi kebutuhan kedua anak tersebut. Syamsudin juga telah melakukan pendekatan kepada salah seorang pemuka agama yang merupakan Ketua Persis Jakarta Timur dan merupakan salah satu warganya yaitu Ustad Furqan untuk dapat memberikan penguatan dan pembelajaran melalui sisi spiritual.

Selain itu, Syamsudin melakukan pendekatan kepada teman-teman anak, para tokoh masyarakat, serta guru-guru kedua anak tersebut untuk bersama menghadirkan perhatian dan kasih sayang bagi kedua anak tersebut. Teman-teman kedua anak tersebut contohnya, setiap harinya menelepon anak melalui sambungan video agar kedua anak tersebut tidak merasa kesepian, tetap dapat berbagi perasaan, serta bercerita. Sementara guru-guru terus memantau pembelajaran kedua anak sekaligus terus memberikan penguatan.

Pemandangan indah yang dapat dicontoh oleh seluruh warga Indonesia. Disaat banyak sekali warga yang mengintimidasi korban covid-19, Syamsudin bersama warganya dapat menunjukkan hal yang berbeda. Kolaborasi yang harmoni diantara seluruh warga menjadi semangat bagi kedua anak tersebut. BRSAMPK Handayani akan terus mendukung upaya Syamsudin beserta warga dalam merespon kondisi darurat yang dialami anak. Selanjutnya, BRSAMPK Handayani akan tetap melakukan pengawasan serta monitoring terhadap kedua anak tersebut.

Penulis: Tirani Larasati

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *