Lansia Kecamatan Cikalong Peringati HLUN Bersama Kemensos

Tasikmalaya, 29 Mei 2022– Setiap tanggal 29 Mei, kita peringati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Dipilihnya tanggal tersebut, sebagai bentuk penghargaan atas peran dari Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945. Ini menandakan bahwa lansia ikut serta dalam mencetuskan ide-ide dan gagasan-gagasan penting bagi bangsa Indonesia.

Sejak pertama kali dicetuskan pada tahun 1996, perayaan HLUN tahun ini adalah yang ke 26 kalinya. Ada yang berbeda pada perayaan tahun ini, dimana Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah. Kementerian Sosial selaku penyelenggara menyebarkan semarak perayaan HLUN langsung di 39 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Acara puncak HLUN dilaksanakan di arena utama di Rumah Sakit Singaparna Medika Citra Utama. Sementara lansia di 39 kecamatan terhubung langsung melalui teleconference.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, melalui teleconference menyampaikan agar kita semua mencintai dan menyayangi lansia karena kita semua akan menjadi lansia pada waktunya.

“Saya banyak bertemu dengan lansia yang ditelantarkan oleh anak-anaknya. Saya ingin agar hal ini tidak terjadi. Apalagi dengan adanya bonus demografi, jumlah lansia di masa depan akan bertambah,” tuturnya.

Sementara itu, lansia di Kecamatan Cikalong juga ikut serta dalam perayaan HLUN. Sebanyak 98 lansia hadir langsung ke lokasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Para lansia di Kecamatan Cikalong disapa langsung oleh Menteri Sosial dan unsur Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Sentra Handayani, Anna Puspasari selaku penanggung jawab Kecamatan Cikalong mengatakan, Sentra Handayani bersama aparat Kecamatan telah menyiapkan kegiatan ini sejak lama dengan harapan terwujudnya “Lansia Sehat, Indonesia Kuat”.

“Perayaan hari ini sudah kami persiapkan sejak lama. Tim kami sudah turun melakukan asesmen kemudian pendistribusian bantuan dan hari ini adalah acara puncaknya. Kami siapkan teleconference , pengecekan kesehatan dan juga senam lansia pada hari ini,” ujar Anna.

Sedangkan Camat Cikalong, Mislu Ahmad Mahmudin, yang hadir dalam teleconference menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Sosial atas bantuan yang telah diberikan kepada lansia di wilayahnya.

“Khusus di Cikalong, ada 170 orang penerima bantuan ATENSI, 10 orang menerima program rutilahu (rumah tidak layak huni), dan 7 orang penerima layanan operasi katarak,” ucapnya.

Penulis :
Rizka Surya Ananda
Penyuluh Sosial Pertama

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *