Kolaborasi Apik Khitanan Massal Gratis Sambut Hari Anak Nasional

Jakarta Kamis (21 Juli 2022) – Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 dirangkai dalam berbagai kegiatan, diantaranya Khitanan Massal Gratis yang merupakan kolaborasi Sentra Handayani di Jakarta dengan Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) Kementerian Sosial RI.

Khitanan massal gratis diikuti oleh 50 anak dari wilayah kerja Sentra Handayani di Jakarta, seperti Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Calon peserta khitanan massal sebelumnya telah melakukan pendaftaran secara online dan telah di asesmen untuk melihat persyaratan yang ditentukan seperti berasal dari keluarga pra sejahtera dan memiliki BPJS kesehatan terpenuhi.

Antusiasme peserta terlihat begitu besar mengikuti acara khitanan massal gratis ini. Mereka mendapatkan pelayanan khitan dari tim medis Kementerian Sosial RI, tim medis Sentra Handayani di Jakarta, tim medis Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dan juga tim medis dari Rumah Sakit Thamrin Jakarta.

Turut hadir dalam acara khitanan massal gratis Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI Harry Hikmat, Sekretaris Korpri Kementerian Sosial RI dan Kepala Sentra Handayani di Jakarta serta aparat daerah wilayah Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Harry Hikmat menyatakan terima kasih atas dukungan semua masyarakat dengan antusiasme yang begitu besar. “Terima kasih para dokter, suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, RS Thamrin. Tuhan yg memberikan jalan kepada anak-anak untuk mendapatkan khitanan gratis. Banyak faedah dari khitan ini, salah satunya menjaga kebersihan diri. Terima kasih atas bantuan dari Sentra Handayani. Kita harus terus memastikan anak-anak terlindungi”, ucapnya.

Tati Nugrahati yang menjabat sebagai Sekretaris Korpri Kementerian Sosial RI berujar bahwa kegiatan ini dilakukan dengan dasar karena masih banyak masyarakat yang belum di khitan dan mengingat biaya khitan yang cukup mahal, maka diadakan kegiatan khitanan massal gratis.

Lebih lanjut Kepala Sentra Handayani Jakarta Romal Sinaga menyatakan bahwa yang mendapatkan pelayanan khitan hari ini adalah 50 anak yang sudah di asesmen secara langsung untuk melihat kondisi mereka. Ia berharap bahwa kegiatan hari ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. “Semoga pelayanan yang kami berikan dapat bermanfaat dan dapat menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang sehat, tangguh, terlindungi dan berprestasi dalam kancah nasional maupun internasional”, ujarnya.

Untuk mengurangi rasa takut dan sakit, seluruh peserta dan undangan yang hadir pada khitanan massal ini disuguhi berbagai permainan anak, stand foto selfie dan juga hiburan berupa tarian, band, serta puisi dari para Penerima Manfaat residensial dalam Sentra Handayani Jakarta.

Seluruh peserta khitan mendapatkan bantuan ATENSI dari Kementerian Sosial RI berupa paket pemenuhan nutrisi dan sandang (susu, madu, vitamin, biscuit, sarung dan baju koko) senilai Rp. 325.000,-, transport, konsumsi serta bingkisan lainnya.

“Saya mengucapkan Terima kasih kepada Korpri Kementerian Sosial RI dan Sentra Handayani Jakarta yang telah melaksanakan sunatan massal ini. Ini suatu yang baik dan sangat diapresiasi masyarakat. Sekali lagi terima kasih buat semuanya”, ujar Wijaya orang tua Ardan Firmansyah salah satu peserta khitanan massal gratis.

Penulis : Dwi Astuti Oktavia

Dokumentasi : Biro Humas Kemensos

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *