Kegiatan Family Support untuk Orang Tua dan Anak

Kegiatan Family Support yang diadakan oleh Balai Anak Handayani dengan tema “Dukungan Keluarga dalam Mengembangkan Potensi Diri pada Anak” dilakukan pada hari Rabu, Tanggal 1 Juli 2020, yang dimulai pukul 09.00 WIB. Yang diundang dalam acara ini adalah orang tua dan anak yang masih dalam proses rehabilitasi di Handayani, baik yang masih tinggal di dalam balai maupun yang sudah dikembalikan ke orang tua (masih mendapatkan pembelajaran jarak jauh dari petugas Handayani).

Selama Kegiatan Family Support, Balai Anak Handayani tetap menentukan protokol kesehatan, yaitu setiap orang tua dan anak memakai masker, menjaga jarak, ketersediaan tempat mencuci tangan dan peserta kegiatan diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ruangan, dan pembatasan kuota peserta. Sebelum masuk di ruangan para peserta juga diukur suhu tubuhnya agar memastikan peserta dalam kondisi sehat.

Tujuan dari Kegiatan Family Support ini adalah orang tua atau keluarga PPKS memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas pengasuhan anak sehingga semakin meningkatnya kemampuan keberfungsian sosial dan tanggung jawab sosial anak di masyarakat.

Kegiatan Family Support dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha yang mewakili Kepala Balai. Kemudian Kasi LRS memberikan sambutan kepada peserta mengenai pentingnya dukungan keluarga terutama orang tua bagi anak-anaknya agar tidak terjerumus lagi ke dalam kenakalan atau berhadapan dengan hukum. Setelah itu, Psikolog Balai Anak Handayani memberikan pemaparan mengenai pola asuh orang tua dan dampaknya untuk anak serta interaktif dengan orang tua mengenai kondisi selama pandemi COVID-19. Anak-anak diberikan penguatan dan permainan-permainan seru dengan Pekerja Sosial.

Selama Kegiatan Family Support, orang tua dan anak mengikuti setiap kegiatan sampai akhir kegiatan. Pada akhir kegiatan, orang tua dan anak dikumpulkan bersama lagi. Kegiatan ini ditutup langsung oleh Kepala Balai, Kepala Balai berinteraksi langsung dengan orang tua dan anak-anak dengan menyampaikan akan pemberian permakanan untuk anak-anak yang masih dalam rehabilitasi balai.

Penulis: Fathimatuzzahroh Rahmah Gustiani

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *