Berbagi Bantuan Atensi bagi 370 Anak di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Menteri Sosial Sapa Anak-Anak Akhiri Rangkaian HAN

SEMBALUN, (1 Agustus 2022) – Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial di seluruh pelosok Negeri sejak 24 Juli 2022 sampai dengan hari ini merangkai banyak cerita. Tak ketinggalan di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Peksos Goes to School (PGTS) di 3 sekolah yakni SDN 01, SMPN 01, dan SMAN 01 Sembalun. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung oleh Kementerian Sosial melalui Sentra “Handayani” di Jakarta. Dalam kegiatan ini dengan total 100 anak, diberikan materi-materi edukasi keremajaan, bermain permainan tradisional hingga penggalian potensi.

Selain PGTS, dilaksanakan juga kegiatan Peksos Goes to Community (PGTC) bagi 150 anak di 3 Desa yakni Desa Sembalun, Desa Sajang, dan Desa Bilok Petung.

Dalam kegiatan PGTC, Pekerja Sosial, bersama Penyuluh Sosial, Perawat, dan Psikolog hadir bagi anak-anak dengan membawakan kebahagiaan seperti bermain permainan tradisional bakiak, gasing, bernyanyi, mewarnai dan mendengarkan dongeng. Tak lupa orang tua anak-anak yang menjadi peserta kegiatan PGTC ini mendapatkan parenting skill seperti belajar memberikan kata-kata yang baik serta memberikan hak yang seharusnya anak dapatkan.

Seluruh anak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan HAN ini memperoleh bantuan Atensi berupa pemenuhan nutrisi, doorprize, tas, dan lainnya. Selain itu, 120 anak lainnya di 3 Desa tersebut juga mendapatkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berupa pemenuhan nutrisi seperti susu, biskuit, kacang hijau, pakaian harian, seragam sekolah, kasur dan sprei dan lainnya sesuai dengan hasil asesmen kebutuhan masing-masing anak. Total bantuan yang disalurkan oleh Sentra “Handayani” yaitu sebesar Rp. 220.000.000,-

Akhirnya, hari ini rangkaian HAN di Kecamatan Sembalun diakhiri dengan menghadirkan anak-anak yang memperoleh bantuan Atensi untuk bisa langsung mendengar dan berbicara dengan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini melalui teleconference. Bu Menteri menyapa seluruh anak yang ada di Indonesia dengan perhatian yang luar biasa. “Kalian berhak berhasil, kalian berhak untuk sukses. Karena itu anak-anakku, kalian harus berhasil, harus sukses. Kalian bisa menjadi apa saja. Kalian tidak perlu merasa rendah diri. Kejar cita-cita kalian, jangan pernah merasa putus asa”, motivasinya kepada seluruh anak.

Salah satu anak di Kecamatan Sembalun, Nayla mengucapkan terima kasih kepada Bu Menteri “Terima kasih Bu Menteri, kami anak-anak di Sembalun sudah diberikan bantuan. Semoga Ibu Sehat selalu”, ucapnya.

Acara turut peringatan HAN juga turut dimeriahkan oleh tari-tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak SDN 1 Sembalun. Mereka menarikan tarian Nusantara yang dibawakan dengan indah dan menambah keceriaan bukan seluruh undangan yang hadir saat itu.

Menambah keseruan acara, dipuncak acara diberikan door prize utama berupa sebuah sepeda. Dania, nama anak yang beruntung mendapatkan sepeda tersebut. “Terima kasih Pak Presiden, terima kasih Bu Menteri atas sepedanya” ujarnya penuh kegembiraan. “Semoga sepedanya bermanfaat, kamu bisa tambah semangat dalam bersekolah dan tambah berprestasi ya nak”, ujar Romal Sinaga selaku Kepala Sentra yang berkesempatan memberikan hadiah sepeda kepada Dania.

Semoga dengan perayaan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini, bisa terus menambah semangat anak-anak Indonesia menjadi anak yang cerdas, berani dan ceria.

Penulis: Dwi Astuti Oktavia

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *