Balai Handayani Salurkan 325 Paket Sembako di Jabodetabek

JAKARTA, (20 Mei 2020) – Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) “Handayani” di Jakarta menyalurkan 325 paket sembako kepada anak terdampak Covid-19 di Jabodetabek. Penyaluran ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial tentang Refocusing Anggaran untuk kebutuhan warga terlantar.

Kepala balai, Neneng Heryani mengatakan bahwa dalam pelaksanaan penyaluran ini pihaknya menggandeng Ketua RT untuk memastikan bantuan tepat sasaran. “Kami bekerja sama dengan RT/RW setempat dalam penyaluran bantuan ini, terutama dalam pendataan. Sebagai gugus tugas terdepan dalam penanganan Covid-19, tentu pihak RT/RW yang paling tau siapa warga yang paling terdampak”, ujar Neneng.

Dalam pendataan, Neneng menekankan agar penerima bantuan yang didata adalah anak dalam situasi darurat terdampak Covid-19. “Kami meminta kepada RT/RW setempat untuk mendata anak yang orang tua atau pengasuhnya terdampak Covid – 19. Misalnya orang tua yang di PHK sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan anak dan keluarganya”, lanjut Neneng.

Selain bekerja sama dengan RT/RW setempat, Balai Handayani juga menggandeng LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak). Sembako disalurkan langsung kepada anak dampingan LKSA. Ada empat LKSA yang bekerja sama dengan balai dalam penyaluran bantuan ini.

Terkait dengan komponen bantuan, Neneng menyampaikan hal itu disesuaikan dengan kebutuhan anak. “Isi paket sembako nya ada beras, telur, susu, sosis so nice, coco crunch, dan oreo. Nilainya Rp. 300 ribu per anak,” jelasnya.

Penyaluran bantuan ini mendapat respon yang baik dari penerima bantuan. Salah satu anak penerima bantuan, Putri mengapresiasi pihak balai yang telah menyalurkan bantuan langsung kepada mereka. “Terima kasih kepada Handayani Kemensos, bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya, sekali lagi terima kasih,” katanya disela-sela penyerahan bantuan.

Sejak Kamis (20/5) tim Balai Handayani telah meyalurkan bantuan di beberapa titik di Jabodetabek, di antaranya di Cipinang Jakarta Timur, Clincing Jakarta Utara, Pondok Aren Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bogor.

“Sejak kemarin kami sudah salurkan bantuan. Terakhir hari ini, meskipun libur kami tetap kejar target untuk menuntaskan semua penyaluran. Hari ini tim kami sudah salurkan bantuan ke daerah Cipondoh Tangerang,” tandas Neneng.

Terakhir, Neneng berharap agar bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, terutama anak dan orang tua. Bantuan ini merupakn bentuk upaya balai dan Kementerian Sosial dalam merespon banyaknya keluhan masyarakat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok akibat lesu nya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Penulis : Rizka Surya Ananda
Editor : Humas Ditjen Rehsos

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *