Balai Anak Handayani Jakarta Respon Kasus Anak Terdampak Banjir di Kabupaten Majalengka

Majalengka, (16 Januari 2021) Kementerian Sosial melalui Balai Anak “Handayani” di Jakarta memberikan dukungan psikososial bagi eks pengungsi di Desa Pangkalanpari, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu memenuhi kebutuhan anak pasca bencana banjir di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Balai telah menurunkan tim pada hari Minggu (14/2) hingga Selasa (16/2)ke lokasi untuk melakukan asesmen dan memberikan dukungan psikososial bagi anak terdampak. Adapun Tim balai langsung didampingi oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Majalengka, Dhany Eka Rahardian.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui tim Balai Anak Handayani yang sudah berempati kepada warga Majalengka dalam kondisi bencana alam ini,” ungkap Dhany.

Selain mendampingi, Dhany juga ikut serta bersama tim balai melakukan asesmen kepada anak dihari pertama.

Selama tiga hari berada di Majalengka, Tim telah melakukan asesmen kepada 140 anak yang berada di Blok Gembul, Blok Laban dan Blok Tengah, Desa Pangkalanpari. Asesmen dilakukan melalui metode door to door karena anak sudah tidak berada di posko pengungsian.
Asesmen kali ini menggunakan e-form respon kasus sehingga meminimalisir kesalahan penginputan data. Tim Balai Anak Handayani juga dibantu oleh Satuan Bakti Pekerja Sosial, Kader PKK dan Kepala Dusun di Desa Pangkalanpari dalam melakukan asesmen ke rumah-rumah anak.

Adapun balai memberikan 140 paket bantuan kepada 140 anak dengan jenis kelamin 79 laki-laki dan 61 perempuan yang terdiri dari 124 Kartu keluarga, adapun paket bantuan berupa sabun mandi, masker, minyak kayu putih, susu uht, vitacimin dan biskuit.

Penulis : Ariffin Nuur Sallamm

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *