Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga (Donor Darah Sentra Handayani Jakarta)

JAKARTA (30-05-2022) Guna membantu korban demam berdarah dengue (DBD) yang jumlahnya meningkat, Sentra Handayani Jakarta melakukan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Medical Center Palang Merah Indonesia (PMI) Pejaten Jakarta Selatan.

DBD menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia yang tidak boleh dianggap sepele, karena komplikasi DBD bisa menjadi cukup serius dan membahayakan, salah satunya adanya penurunan jumlah trombosit yang dapat membuat darah susah membeku dan membuat penderita bisa kehilangan banyak darah.

Kegiatan donor darah yang bertempat di ruang aula Sentra Handayani Jakarta diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), PPNPN, mahasiswa PKL, konselor adiksi, Sakti Peksos wilayah Jakarta serta masyarakat umum sekitar Sentra Handayani, seperti warga kelurahan Bambu Apus, kelurahan Jati Waringin dan kelurahan Jati Asih.

Sebelum mendonorkan darahnya, peserta diwajibkan terlebih dahulu melakukan pendaftaran ulang, screening riwayat kesehatan, cek kadar haemoglobin (HB), golongan darah dan tekanan darah.

Turut ambil bagian dalam donor darah ini adalah Kepala serta Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sentra Handayani Jakarta. Kepala Sentra Handayani Jakarta, Anna Puspasari dalam sambutannya menyatakan ucapan terima kasih atas dukungan dan peran serta dari semua pihak yang telah turut ambil bagian dalam kegiatan donor darah ini. “Semoga donor darah ini dapat dilakukan secara rutin dan bagi yang sudah donor bisa donor lagi”, ucapnya.

Pada saat yang sama, salah seorang tenaga medis dari PMI, dr. Bono Suwignyo menyampaikan bahwa darah kita akan sangat berguna untuk mereka yang membutuhkan. “Melalui donor darah, kita dapat menyelamatkan jiwa orang lain, dan orang yang mendonorkan darahnya akan sehat raganya.

Penulis :
Dwi Oktavia
Penyuluh Sosial Muda

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *