Sentra Handayani Blusukan ke Rumah Lansia di Desa Cikalong, Tasikmalaya

Cikalong – ( 24 Mei 2022)– Dalam rangka mempersiapkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2022, Sentra Handayani melakukan koordinasi dan verifikasi data calon penerima bantuan di Kecamatan Cikalong. Tim Sentra Handayani yang terdiri dari sebelas orang blusukan langsung ke 170 lansia yang tersebar di 13 desa dalam 1 kecamatan yang meliputi Desa Cikalong, Mandalajaya, Cikancra, Kubangsari, Klapagenep, Singkir, Panyiaran, Cikadu, Cimanuk, Cidadali, Cibeber, Sindangjaya, Tonjongsari.

Sebelumnya data yang terhimpun sebanyak 933 jiwa lansia telah dilakukan pendataan dan asesmen awal oleh para pendamping desa. Diawali dengan rapat koordinasi pada Hari Minggu, 22 Mei 2022 dan dipimpin langsung oleh Bapak Camat Cikalong, H. Mislu Ahmad Mahmudin. “Kami sangat berterima kasih atas kedatangan tim Sentra Handayani atas perhatiannya terhadap warga kami di Kecamatan Cikalong, khususnya lansia”, ucap Pak Camat.

Di hari yang sama, langsung dilakukan verifikasi data oleh petugas sentra dan telah dikoordinasikan dengan Kasi Rehsos Kecamatan Cikalong, Bapak Tarman dengan total calon penerima bantuan sebanyak 170 lansia.

Penerima bantuan ini dikhususkan kepada mereka yang memerlukan bantuan dengan minimal usia 60 tahun. Dari hasil verifikasi yang dilakukan, bantuan yang akan diberikan mencakup pemenuhan hidup layak berupa sembako, nutrisi, dan pakaian lalu dukungan aksesibilitas berupa tongkat dan kursi roda serta bantuan kewirausahaan seperti berjualan gorengan.

Paket bantuan akan diberikan di hari puncak HLUN secara simbolis kepada perwakilan lansia di setiap desa yang dilakukan di Kecamatan Cikalong pada Hari Minggu, 29 Mei 2022. Selain penyerahan bantuan, akan diadakan juga senam lansia, pemeriksaan kesehatan dan operasi katarak serta bazaar yang diikuti langsung oleh para lansia. Dengan adanya rangkaian acara ini diharapkan dapat menguatkan para lansia agar selalu sehat dan bahagia di masa tua.

Penulis :
Ovi Nur Utami
Pekerja Sosial Pertama

image_pdfimage_print

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *