Panti Sosial Marsudi Putra "Handayani" Jakarta_Jln PPA Bambu Apus Cipayung_Telepon/Fax. 021.8445679
· Selayang Pandang
· Motto
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok dan Fungsi
· Struktur Organisasi
· Personalia
· Sarana dan Prasarana
· Peta Lokasi
· Maklumat Pelayanan
· Kriteria Penerima Manfaat
· Alur Pelayanan
· Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) PSMP Handayani Tahun 2016
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links


Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.
Seputar Temu Penguatan Keluarga dan Anak
Berita

Membentuk Karakter Anak dengan Pola Asuh Terbaik

oleh: Tirani Larasati

 

Temu Penguatan Anak dan Keluarga yang kemudian disingkat menjadi TEPAK merupakan salah satu kegiatan di PSMP Handayani yang baru saja dilaksanakan pada tahun 2016 sebagai upaya membantu menekan jumlah ABH yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di era globalisasi, orang tua memiliki tugas yang lebih besar dalam memantau tumbuh kembang anak. Pola asuh yang diterapkan kepada anak dalam era ini, tidak bisa disama ratakan dengan pola asuh anak di era terdahulu. Pola asuh keluarga tentunya berpengaruh sangat besar dalam membentuk karakter seorang anak.

Beberapa daerah di Indonesia, dipilih untuk menjadi wilayah dimana dilaksanakannya kegiatan ini. Pertimbangan terbesar dalam pemilihan wilayah didasarkan pada hasil koordinasi dengan Lembaga daerah, pejajagan, dan observasi tim PSMP Handayani terhadap wilayah yang memiliki jumlah anak rentan berhadapan dengan hukum cukup banyak. Wilayah tersebut disekitar Palembang Provinsi Sumatera Selatan, Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Visi dan misi yang dibawa dalam kegiatan ini yaitu memberikan perlindungan terhadap anak dari kenakalan/ tindakan kekerasan, memberikan pemahaman kepada orang tua untuk memberikan pola asuh terbaik bagi anak, dan membantu memenuhi kebutuhan hak dasar anak. Neneng Heryani selaku Kepala PSMP Handayani tidak bosan memaparkan hal tersebut dan berbagi dengan orang tua berkaitan dengan pencegahan kenakalan remaja. Seperti pada tanggal 23-25 Agustus 2016, TEPAK yang dilaksanakan di LKS-Kharisma Sumatera Selatan dapat berjalan lancar dan mengasyikan. Bersama dengan stakeholder (Dinas Sosial Prov. Sumatera Selatan, Sakti Peksos, Satgas PA, KBAI, TRC Kemsos, LKS) menambah semangat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Farid Afandi, yang tergabung dalam Satgas Perlindungan Anak sekaligus Wartawan untuk KBAI turut berbagi kisah masa kecilnya dan meliput kegiatan TEPAK dalam tema Tangisan dari Korban “Pengelem”, yang dapat dibaca pada link berikut: kbai.co.id/tepak-tangisan-korban-pengelem/

Selanjutnya, pada tanggal 6-8 September 2016 dengan mengemban visi dan misi yang sama dengan sebelumnya, TEPAK PSMP Handayani berlanjut di Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara, dimana daerah tersebut terkenal dengan banyaknya anak-anak yang bermain dan bekerja di jalanan. Kemudian, TEPAK berlanjut di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kelurahan Pasirkaliki pada tanggal 20-22 September 2016, dimana di sekitar daerah tersebut sering terjadi kekerasan seksual maupun fisik kepada anak-anak. Rangkaian kegiatan TEPAK berakhir di Kecamatan Cipinang Besar Utara Jakarta Timur, dimana ligkungan tumbuh kembang anak di daerah tersebut sangat rentan berhadapan dengan hukum karena letaknya berdekatan dengan LAPAS Narkotika Cipinang Jakarta Timur. Melengkapi visi dan misi dalam kegiatan ini, pada akhir kegiatan di seluruh Indonesia, PSMP Handayani membantu memberikan tabungan anak yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan hak dasar anak.


Dipublikasi pada Senin, 05 Desember 2016 oleh tirani  ( Reads: )  Senin, 05 Desember 2016 |     
 
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh tirani


Berita terpopuler tentang Berita:
Berita Bambu Apus

Rata-rata: 5
Pemilih: 1


Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


 Versi Cetak Versi Cetak

Topics Terkait

Berita

Panti Sosial Marsudi Putra Handayani Jakarta
Center for Delinquent Children / Children in Conflict with the Law
Kementerian Sosial Republik Indonesia
Indonesian Ministry of Social Affairs
Jl. PPA Bambu Apus Cipayung Jakarta Timur 13890
Phone/Fax. 021-8445679
Email : psmphandayani@kemsos.go.id