Panti Sosial Marsudi Putra "Handayani" Jakarta_Jln PPA Bambu Apus Cipayung_Telepon/Fax. 021.8445679
· Selayang Pandang
· Motto
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok dan Fungsi
· Struktur Organisasi
· Personalia
· Sarana dan Prasarana
· Peta Lokasi
· Maklumat Pelayanan
· Kriteria Penerima Manfaat
· Alur Pelayanan
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links


Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.
Seputar Pelayanan Jarak Jauh
Berita

ANAK INDONESIA HEBAT
PART I

Oleh: Tirani Larasati

 

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang pada hakikatnya masih membutuhkan pengawasan, bimbingan, dan perlindungan dari keluarga atau orang dewasa lainnya yang berada di lingkungan sekitarnya. Indonesia, dalam hal ini berperan aktif dalam mengawasi tumbuh kembang seorang anak. Mengemban misi perlindungan terhadap anak, Kementerian Sosial melalui PSMP Handayani melaksanakan kegiatan “Pelayanan Jarak Jauh” (PJJ).

Pelayanan Jarak Jauh merupakan suatu tindakan pencegahan agar anak tidak melakukan kenakalan remaja dan terlibat dalam pelanggaran tindak pidana. Kegiatan inipun memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat sekitar, sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan ini masyarakat menyadari bahwa misi perlindungan terhadap anak menjadi tanggung jawab bersama. Pada tanggal 18-20 Mei 2016, dengan jarak tempuh ± 216 km dengan waktu ±8-10 jam perjalanan, tim PSMP Handayani yang dikomandoi oleh Dra. Neneng Heryani, M.Pd selaku Kepala yang tidak sungkan untuk terjun langsung dalam menyentuh dan berbagi ilmu pengetahuan bersama anak-anak di Desa Cintanagara Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Melibatkan Dinas Sosial Kabupaten Garut, Sakti Peksos, Camat, Kepala Desa, ketua RT, dan kader PKK kami bersama tertawa, belajar, dan bermain dengan 20 anak-anak di Aula Mushola yang telah disediakan.

Hari pertama kegiatan dibuka oleh oleh Kepala PSMP Handayani sekaligus memaparkan tujuan dan maksud dilaksanakannya kegiatan ini. Beliau menyampaikan “Seluruh anak yang ada di Indonesia merupakan anak-anak hebat yang harus dilindungi dan didukung dalam tumbuh kembangnya oleh semua pihak, sehingga nantinya tidak lagi kita temui anak yang tidak bisa membaca dan menulis, tidak lagi kita temui anak yang berada dalam dinginnya jeruji besi, mengalami kekerasan fisik/ mental/ seksual, dan akan menjadi pendorong terciptanya negara Indonesia yang maju dan sejahtera.” Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pekerja sosial kepada anak mengenai “Anak Indonesia Hebat” yang didalamnya membahas mengenai bagaimana cara mencegah kenakalan remaja dan apa saja hak dan kewajiban seorang anak. Pemberian materi dilakukan secara menyenangkan dan menghindari rasa bosan dengan diselingi dengan permainan dan pemutaran video motivasi bagi para anak. Sementara menunggu anak-anak, para orang tuapun diberikan materi pola asuh keluarga terhadap anak yang dikemas secara apik dan menyenangkan. Pemberian materi dilakukan selama dua hari oleh pekerja sosial PSMP Handayani yang kemudian di hari ketiga dilanjutkan dengan asesmen kebutuhan anak yang nantinya akan diberikan bantuan pemenuhan hak dasar anak sesuai dengan kesepakatan bersama hasil asesmen, pembuatan komitmen pola asuh antara anak dan orang tua, serta pemberian bantuan secara simbolis yang dilakukan oleh Kepala PSMP Handayani kepada pihak orang tua yang diwakili oleh Kepala Desa.

Kegiatan PJJ terlaksana tanpa hambatan apapun. Terlihat wajah-wajah bahagia, tawa riang serta serta senda gurau anak-anak yang menambah semangat terlaksananya kegiatan ini. PJJ akan dilaksanakan sebanyak 2 kali, selain di Kabupaten Garut akan dilaksanakan juga di Kelurahan Pisangan Timur Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur pada bulan-bulan selanjutnya.


Dipublikasi pada Senin, 19 September 2016 oleh tirani  ( Reads: )  Senin, 19 September 2016 |     
 
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh tirani


Berita terpopuler tentang Berita:
Berita Bambu Apus

Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


 Versi Cetak Versi Cetak

Topics Terkait

Berita

Panti Sosial Marsudi Putra Handayani Jakarta
Center for Delinquent Children / Children in Conflict with the Law
Kementerian Sosial Republik Indonesia
Indonesian Ministry of Social Affairs
Jl. PPA Bambu Apus Cipayung Jakarta Timur 13890
Phone/Fax. 021-8445679
Email : psmphandayani@kemsos.go.id