Panti Sosial Marsudi Putra "Handayani" Jakarta_Jln PPA Bambu Apus Cipayung_Telepon/Fax. 021.8445679
· Selayang Pandang
· Motto
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok dan Fungsi
· Struktur Organisasi
· Personalia
· Sarana dan Prasarana
· Peta Lokasi
· Maklumat Pelayanan
· Kriteria Penerima Manfaat
· Alur Pelayanan
· Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) PSMP Handayani Tahun 2016
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links


Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.
Seputar Sosialisasi
Berita

Membentuk Remaja menjadi Pribadi yang Tangguh

oleh: Tirani Larasati

Peran PSMP Handayani tidak berhenti hanya pada rehabilitasi sosial Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) saja, namun juga berperan aktif dalam menekan jumlah ABH yang selalu bertambah setiap tahunnya. Banyak faktor yang mempelopori hal tersebut, dimulai dari kurangnya pengawasan, modeling perilaku, hingga pengaruh globalisasi. Masa remaja, seperti yang diketahui oleh masyarakat adalah “masa pencarian jati diri”, masa dimana banyak hal yang ingin diketahui dan dicoba oleh mereka tanpa memikirkan berbagai dampak yang akan timbul setelahnya.

Tindakan preventif (pencegahan) ABH menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk mencetak remaja dengan pribadi yang tangguh sebagai cikal bakal penerus kemajuan Negara. Mengemban tanggung jawab tersebut, PSMP Handayani melakukan pendekatan terhadap remaja dengan melaksanakan tindakan preventif dalam rangkaian kegiatan Sosialisasi. Sosialisasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan PSMP Handayani serta perannya dalam penagangan ABH dan memberi pemahaman terhadap remaja mengenai kenakalan remaja, dampak, serta cara mencegahnya agar mereka dapat membentengi diri dari pelanggaran aturan dan penyimpangan perilaku serta mensinergikan penanganan kasus ABH antara pihak sekolah dan PSMP Handayani agar penanganan ABH dilakukan secara lebih terkoordinasi dan terintegrasi yang berdasar kepada prinsip perlindungan anak. Sasaran kegiatan ini merupakan siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan hasil pemetaan dan penjajagan yang dilakukan oleh tim PSMP Handayani, sosialisasi dilaksanakan di beberapa SMP yang berada di sekitar DKI Jakarta yaitu: SMPN 222, SMPN 196, SMPN 283, SMP PGRI 9, MTs Assafi’iyah, MTs 29, dan SMPN 230.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 19 April 2016 hingga 23 Mei 2016 ini disambut secara terbuka oleh pihak sekolah. Dra. Neneng Heryani selaku Kepala Panti beserta seluruh pejabat eselon IV di PSMP Handayani, pekerja sosial, dan petugas lainnya turut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan yang dimulai dengan pemaparan peran PSMP Handayani dalam penanganan ABH berlangsung tanpa ada hambatan. Antusias siswa/i semakin meningkat saat pembahasan materi “Siapakah saya?” yang telah disusun oleh tim PSMP Handayani dengan sangat menarik. Materi tersebut membahas bagaimana peran seorang siswa/i, apakah kenakalan remaja, apa saja jenisnya, dan bagaimana cara mencegahnya. Seluruh petugas PSMP Handayani semakin bersemangat kala diskusi dan tanya jawab dilakukan. Terdapat banyak pertanyaan “cerdas” yang dilontarkan siswa/i menambah hangat kegiatan sosialisasi yang dilakukan.Setelah rangkaian sosialisasi di tahun 2016 ini berjalan lancar dan tanpa menemui hambatan yang berarti, di tahun-tahun selanjutnya PSMP Handayani akan terus melaksanakan kegiatan sosialisasi tidak hanya di sekitar Jakarta Timur, namun di seluruh wilayah DKI Jakarta bahkan hingga ke seluruh pelosok Indonesia.


Dipublikasi pada Selasa, 21 Juni 2016 oleh tirani  ( Reads: )  Selasa, 21 Juni 2016 |     
 
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh tirani


Berita terpopuler tentang Berita:
Berita Bambu Apus

Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


 Versi Cetak Versi Cetak

Topics Terkait

Berita

Panti Sosial Marsudi Putra Handayani Jakarta
Center for Delinquent Children / Children in Conflict with the Law
Kementerian Sosial Republik Indonesia
Indonesian Ministry of Social Affairs
Jl. PPA Bambu Apus Cipayung Jakarta Timur 13890
Phone/Fax. 021-8445679
Email : psmphandayani@kemsos.go.id