Panti Sosial Marsudi Putra "Handayani" Jakarta_Jln PPA Bambu Apus Cipayung_Telepon/Fax. 021.8445679
· Selayang Pandang
· Motto
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok dan Fungsi
· Struktur Organisasi
· Personalia
· Sarana dan Prasarana
· Peta Lokasi
· Maklumat Pelayanan
· Kriteria Penerima Manfaat
· Alur Pelayanan
· Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) PSMP Handayani Tahun 2016
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links


Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.
Profil

Tugas Pokok dan Fungsi




PSMP Handayani adalah salah satu alternatif dari sekian banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang memberikan pelayanan sosial kepada anak yang mengalami gangguan perilaku dan emosi. Dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No. 106/HUK/2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Panti Sosial di Lingkungan Kementerian Sosial RI ditetapkan bahwa Panti Sosial adalah Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kementerian Sosial yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, sehari-hari secara fungsional dibina oleh para Direktur terkait sesuai dengan bidang tugasnya.

Tugas pokok dan fungsinya adalah memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial yang bersifat preventif, kuratif, rehabilitatif, promotif dalam bentuk bimbingan fisik, mental, sosial dan pelatihan ketrampilan, resosialisasi dan bimbingan lanjut bagi anak nakal agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan masyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan dan rujukan.

Kementerian Sosial RI menjabarkan peran, fungsi dan tugas panti sosial percontohan sebagai berikut:

1. Sebagai Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial

    Fungsi dan tugasnya adalah:

a. Menggugah, meningkatkan dan mengembangkan kesadaran sosial, tanggung jawab

    sosial, prakarsa dan peran serta perorangan, kelompok dan masyarakat.

b. Penyembuhan dan pemulihan sosial.

c. Penyantunan dan penyediaan bantuan sosial.

d. Mengadakan bimbingan lanjut.



2. Sebagai Pusat Informasi Masalah Kesejahteraan Sosial

    Fungsi dan tugasnya adalah:

a. Menyiapkan dan menyebarluaskan informasi tentang masalah kesejahteraan sosial.

b. Menyelenggarakan konsultasi sosial bagi masyarakat.



3. Sebagai Pusat Pengembangan Kesejahteraan Sosial

    Fungsi dan tugasnya adalah:

a. Mengembangkan kebijakan dan perencanaan sosial.

b. Mengembangkan metode pelayanan kesosialan.



4. Sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan

    Fungsi dan tugasnya adalah:

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepada klien, serta capacity building

    kepada pegawai

b. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepada ABH di luar panti.










[ Kembali ]